5 Teknik Budidaya Kepiting Tapal Kuda untuk Ekspor

Budidaya kepiting tapal kuda atau yang disebut juga belangkas memiliki keuntungan besar, karena masuk dalam daftar ekspor unggulan. Salah satu contoh daerah yang telah membudidayakan kepiting tapal kuda adalah Kampung Laut Tanjung Jabung Timur, tepatnya di Jambi. Berikut adalah panduan ternak kepiting tapal kuda versi Suksespedia:

1. Kolam Budidaya

Cara ternak kepiting tapal kuda dapat menggunakan bak fiber, isi hingga 25 atau 40 indukan kepiting, mengikuti ukuran kepiting tapal kuda.

5 Teknik Budidaya Kepiting Tapal Kuda untuk Ekspor

2. Pemberian Pakan

Belangkas merupakan hewan karnivora yang suka ikan curah. Supaya dapat tumbuh optimal, maka beri pakan tiga kali sehari.

3. Tips Budidaya Kepiting Tapal Kuda

Anda dapat menyiapkan kolam fiber dan pelihara kepiting tapal kuda hingga 4 bulan supaya dapat memproduksi telur. Kendati demikian, belangkas butuh waktu adaptasi lama, sehingga tidak langsung memproduksi telur.

Pada alam bebas, kepiting tapal kuda mampu memproduksi hingga 120.000 telur per hari. Perburuan predator adalah alasan utama mengapa tidak semua kepiting tapal kuda menghasilkan jumlah telur yang sama.

Selama pembesaran 4 bulan, kepiting tapal kuda bisa mencapai diameter 10-20cm. Umumnya, diameter 30 cm sudah mampu menghasilkan telur.

4. Telur Kepiting Tapal Kuda

Dalam budidaya kepiting tapal kuda, terdapat masa tunggu sampai telur menetas. Seluruh telur menetas dalam waktu 2-5 minggu, dengan kondisi suhu ruang hangat. Maka, semakin hangat semakin cepat menetas.

Pada alam liar, kepiting tapal kuda menggali pasir untuk meletakkan telurnya. Larva-larva kepiting tersebut akan terseret arus saat air laut pasang. Larva bertahan hidup dengan bergantung pada kuning telur yang menempel pada tubuhnya sebagai cadangan makanan.

Itulah informasi lengkap tentang budidaya kepiting tapal kuda. Peluang bisnis menjanjikan dari belangkas adalah karena darahnya yang biru untuk obat kesehatan. Ekstrak darah berfungsi untuk uji endotoksin dan penyakit meningitis.

Baca juga:  Rumput Odot Sebagai Pakan Alternatif Untuk Ternak

Darah belangkas bahkan banyak dicari di Eropa, Jepang, Asia Barat, serta Amerika Serikat. Fungsinya sebagai serum antitoksin membuat darah pada satu liternya adalah USD 5.000. Jadi, tidak hanya diambil daging dan telurnya saja, budidaya kepiting tapal kuda juga membantu memenuhi permintaan pasar ekspor, terutama darah belangkas.