Apa Efek Samping Negatif dari Penggunaan Captopril?

Captopril adalah obat resep yang mengobati tekanan darah tinggi. Obat ini termasuk dalam golongan ACE inhibitor, obat yang bekerja dengan merelaksasi dan melebarkan pembuluh darah, mengurangi volume darah dan menurunkan detak jantung. Obat ini juga menekan produksi angiotensin II di tubuh Anda yang bersama-sama dapat meningkatkan kadar kalium dalam darah Anda.

Captopril juga bisa menurunkan komplikasi akibat tekanan darah tinggi dan juga memiliki efek perlindungan terhadap ginjal. Obat ini bisa digunakan sebagai obat tunggal atau dikombinasikan dengan obat lain atas anjuran dokter.

Obat ini banyak di jual di pasaran termasuk di apotek online maupun offline. Kisaran harga Captopril 12,5 mg sekitar 2.000 rupiah sampai 6.000 rupiah.

Penting untuk bersabar karena mungkin diperlukan waktu hingga beberapa minggu bagi Anda untuk mulai merasakan efek obat ini. Captopril hadir dengan beberapa efek samping seperti sakit kepala, pusing dan bahkan batuk kering. Beberapa orang mengeluh hidung tersumbat yang terkait dengan obat ini. Ini biasanya bersifat sementara dan dapat dikurangi dengan dekongestan atau antihistamin.

Auto Draft

Jangan pernah berhenti minum Captopril secara tiba-tiba karena dapat memperburuk tingkat tekanan darah Anda. Dokter Anda akan secara bertahap mengurangi dosis obat ini setelah Anda mencapai tingkat kesehatan yang diinginkan.

Jika kebetulan Anda melewatkan satu dosis, minumlah sesegera mungkin ketika Anda mengingatnya. Jangan pernah menggandakan dosis untuk mengejar dosis yang terlewat.

Disarankan untuk menyimpan obat ini di tempat yang sejuk dan kering jauh dari sinar matahari langsung atau kelembaban. Jika Anda menyimpan kapsul Captopril, penting untuk mengikuti petunjuk yang diberikan oleh produsennya tentang cara membuatnya tetap segar dan layak untuk jangka waktu yang tertera pada kemasannya.

Baca juga:  Manfaat Lemon untuk Wajah dan Kesehatan

Captopril dikontraindikasikan pada orang yang hipersensitif terhadapnya, atau mereka yang menderita alergi yang diketahui terhadap bahan obat di dalam obat ini. Captopril juga dapat membahayakan bayi yang belum lahir sehingga wanita yang sedang hamil atau berencana untuk hamil harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum menggunakan Captopril.

Jika Anda memiliki penyakit hati, penyakit ginjal atau riwayat angioedema, Anda harus berbicara dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi obat ini.