Kenali Ciri Ciri Gula Darah Drop

Tidak hanya hiperglikemia atau kondisi kadar gula darah tinggi, tubuh pun juga bisa mengalami hipoglikemia atau kondisi gula darah rendah. Tetapi bagaimana mengenali ciri ciri gula darah drop? Berikut adalah informasi lengkapnya mengutip dari pembahasan dalam laman deherba.com.

Kondisi hipoglikemia merujuk pada kondisi kadar gula darah yang berada di level lebih rendah dari 70 ml/dL. Pada kondisi ini tubuh kekurangan kadar gula dalam darah. Sementara dipahami bahwa gula dalam darah berfungsi sebagai sumber energi. Sehingga kekurangan kandungan gula dalam darah akan menyebabkan penderitanya lemas akibat kekurangan energi.

Namun kondisi gula darah drop ini tidak sesederhana menjadi lemas dan lesu. Karena kekurangan gula darah akan mendorong tubuh memproduksi lebih banyak hormon adrenalin, hingga penderita akan menunjukan gejala yang relevan dengan peningkatan kadar adrenalin.

Kenali Ciri Ciri Gula Darah Drop

Selain itu, gula merupakan sumber asupan utama yang dibutuhkan otak untuk bekerja. Sehingga kekurangan gula dalam darah akan sangat mempengaruhi kinerja otak, kesadaran, kemampuan konsentrasi hingga refleks.

Pada umumnya orang cukup jarang untuk bisa mengalami kondisi hipoglikemia. Penderita hipoglikemia pada umumnya mengalami kondisi tersebut karena efek pola diet yang terlalu ketat, olahraga berlebihan atau efek obat dan alkohol dalam kondisi tertentu.

Tetapi pada penderita diabetes, ciri ciri gula darah drop bisa muncul karena efek dari ketidak seimbangan antara pola makan dan aturan minum obat. Menjalankan diet pada penderita diabetes harus bersinergi dengan pola minum obat yang dijalankan.

Ketika asupan makanan terutama unsur gula dan karbohidrat cukup rendah, namun dosis pengobatan diabetes relatif tinggi, efek hipoglikemia bisa menjadi ancaman. Biasanya hipoglikemia juga menjadi ancaman saat penderita diabetes menjalankan puasa. Hipoglikemia pada penderita diabetes bisa berakibat fatal hingga koma bila tidak segera diatasi.

Lalu bagaimana cara untuk mengenali ciri ciri dari kondisi gula darah drop? Ini dia sejumlah ciri ciri gula darah drop yang perlu Anda pahami.

Detak jantung cepat dan tidak beraturan

Efek dari meningkatnya kadar adrenalin dalam tubuh, menjadi sinyal bahwa jantung harus bekerja ekstra. Akibatnya jantung berdetak lebih cepat dari biasanya. Di saat yang sama asupan energi berkurang hingga detak jantung jadi tidak beraturan cenderung cepat atau disebut dengan kondisi aritmia.

Merasa gelisah dan tidak tenang

Efek kenaikan adrenalin yang juga lazim dialami adalah rasa tidak tenang dan gelisah. Kondisi ini dipersulit oleh kondisi kognitif otak yang melambat hingga sulit untuk menenangkan diri. Karena kondisi ini tidak spesifik, kadang membuat pasien sulit mengenalinya sebagai ciri ciri gula darah drop.

Tampak pucat, gemetar dan lemas

Ciri ciri gula darah drop seperti pucat, lemas, lesu dan gemetar adalah efek dari kurangnya suplai energi menuju sel sel tubuh. Akibatnya sel sel tubuh kekurangan kemampuan untuk beroperasi dengan baik, sirkulasi darah melambat dan tubuh merasa kehabisan tenaga.

Kesemutan

Sel sel saraf tak ubahnya dengan sel sel otak yang membutuhkan suplai energi dari gula untuk bisa bekerja dengan optimal.Kekurangan gula akan membuat sel sel saraf tepi mengalami penurunan fungsi. Ditambah dengan sirkulasi darah yang melambat. Hingga muncul keluhan kesemutan sebagai respon sel sel saraf.

Bingung dan tidak konsentrasi

Selain mempengaruhi sel sel saraf tepi, sel otak dan saraf pusat juga mengalami gangguan fungsi ketika tubuh tidak memiliki kadar gula yang cukup. Sel sel otak akan mengalami masalah untuk berkonsentrasi dan memahami situasi. Fungsi kognitif akan berkurang dan pasien tampak tidak sepenuhnya sadar atau kadang seperti orang yang mabuk. Pada kondisi yang berat, pasien bisa mengalami efek kejang,  kehilangan kesadaran hingga mengalami koma.

 

Itulah gambaran mengenai bagaimana ciri ciri gula darah drop. Temukan informasi lebih lengkap seputar apa yang perlu Anda lakukan ketika ciri ciri gula darah drop ini muncul pada laman deherba.com.