Penyebab Aroma Tidak Sedap pada Mesin Cuci dan Solusinya

Mesin cuci adalah sebuah mesin yang cukup kuat, jarang rusak dan tidak membutuhkan banyak maintenance. Akan tetapi banyak tukang service mesin cuci seperti Mawar Jaya Tehnik menyatakan bahwa mesin cuci dengan bukaan pintu depan memiliki lebih banyak masalah, salah satunya adalah aroma yang tidak enak dari tangkinya. Apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya? Berikut ini ulasannya.

Penyebab mesin cuci pintu depan mudah bau

Mesin cuci dengan bukaan pintu depan memang lebih mudah mengeluarkan bau yang tidak sedap. Bau ini terkadang juga menular pada pakaian Anda sehingga membuat Anda kurang nyaman. Aroma tidak sedap pada mesin cuci bukaan depan ini sangat umum karena :

  • Mesin ini tidak membutuhkan banyak air, hal ini membuat mesin mengeluarkan aroma yang tidak enak
  • Sisa kotoran pakaian
  • Aroma dari karet pintu yang penyimpan debu, kotoran dan bahkan jamur

Lalu bagaimana cara tukang service mesin cuci untuk mengatasi masalah aroma yang tidak sedap ini?

Auto Draft

Menghilangkan aroma tidak sedap pada mesin cuci bukaan depan

Untuk menghilangkan aroma yang tidak sedap pada mesin cuci ini, maka Anda bisa menggunakan beberapa bahan, yaitu :

  • Baking soda

Baking soda bukan hanya memiliki manfaat untuk memasak, tapi juga bisa membantu memberikan efek membersihkan. Akan tetapi untuk Anda yang ingin membersihkan mesin cuci Anda sendiri, sebaiknya Anda mencampurkan baking soda dengan air dalam jumlah yang sama untuk memberikan efek yang lebih ringan.

  • Cuka

Cuka juga bisa membantu membersihkan bagian dinding mesin cuci Anda. Untuk membersihkan mesin cuci dengan menggunakan bahan ini Anda bisa menggunakan memasukkan cuka ke dalam mesin cuci lalu memutar mesin cuci dengan suhu tinggi tanpa memasukkan pakaian ke dalamnya.

  • Bersihkan karet
Baca juga:  3 Bahaya Mengancam Jika AC Tidak Pernah di Service

Untuk membersihkan karet ini Anda bisa menggunakan kedua bahan di atas. Karet penutup pintu depan merupakan salah satu sumber utama dari aroma yang tidak sedap. Hal ini membuat tukang service mesin cuci selalu memberikan rekomendasi pembersihan karet atau bahkan melakukan penggantian jika aroma tersebut tidak menghilang setelah mesin cuci dibersihkan.