Ragam Kue Asin Sebagai Pelengkap Snack Box

5 Menu kue asin ini dapat dijadikan pelengkap sajian snack box yang sedang kamu siapkan. Simak resep dan cara pembuatannya disini!

  1. Cookies Asin

Bahan yang perlu disiapkan:

  1. 280 gram tepung terigu
  2. 150 gram mentega
  3. 2 butir telur
  4. 1 sendok teh garam
  5. 1 sendok teh gula
  6. 1 sendok teh jinten hitam
  7. 1 sendok teh biji wijen

Campurkan tepung, garam, dan gula ke dalam satu adonan. Tambahkan mentega yang sudah dibekukan dan aduk secara perlahan dengan tangan lalu tambahan satu butir telur. Aduk hingga merata.

Cetak adonan ke dalam ukuran kecil lalu dinginkan selama 20 menit. Panaskan oven dengan suhu 177C. Sebelum dipanggang, olesi adonan yang sudah dicetak dengan kuning telur dan taburkan jinten hitam serta biji wijen. Panggang selama 10 – 11 menit, dinginkan selama 5 menit sebelum disajikan.

  1. Biskuit Wijen

Bahan yang perlu disiapkan:

  1. 300 gram tepung terigu
  2. 2 sendok teh garam
  3. 2 sendok teh gula
  4. 75 gram olive oil
  5. 155 gram air putih
  6. 75 gram biji wijen

Panaskan oven dengan suhu 190 C. Campurkan tepung terigu, gula, dan garam ke dalam satu adonan. Tambahkan olive oil dan air lalu aduk secara merata. Diamkan adonan selama 15 menit.

Setelah adonan sedikit mengembang, cetak adonan ke dalam bentuk yang lebih kecil lalu taburkan biji wijen di atasnya. Panggang selama 12 menit atau sampai berwarna keemasan. Biskuit wijen siap disajikan.

  1. Kastengel Kacang Kenari

Bahan yang pelu disiapkan:

  1. 200 gram mentega
  2. 1 buah kuning telur
  3. 100 gram keju cheddar parut
  4. 3 sendok makan gula halus
  5. 1 sachet susu bubuk
  6. 25 gram tepung maizena
  7. 1/2 sendok teh baking powder
  8. 200 gram tepung terigu protein rendah
  9. 3 sendok makan kacang kenari yang sudah dicincang halus dan disangrai

Pertama-tama, buat adonan dengan mencampurkan mentega, kuning telur, keju parut, dan gula halus. Aduk selama 5 menit hingga adonan merata dan lembut. Lalu tambahkan kenari.

Sedikit demi sedikit, tambahkan susu bubuk, tepung terigu dan baking powder ke dalam adonan. Setelah adonan tercampur merata, pipihkan adonan,

Potong dan bentuk adonan sesuai selera, olesi dengan kuning telur dan taburi keju di atasnya. Panggang dalam oven dengan suhu 170 C selama 40 – 45 menit.

  1. Kue Bawang

Bahan yang perlu disiapkan:

  1. 250 gram tepung terigu
  2. 75 ml santan kental
  3. 70 gram tepung tapioka
  4. 2 butir telur
  5. 4 siung bawang putih
  6. 1 batang daun seledri
  7. 2 siung bawang merah
  8. 1 sendok makan garam
  9. minyak goreng secukupnya

Sebelum menyiapkan adonan kue, haluskan terlebih dahulu bawang butih, daun seledri, dan bawang merah. Tak lupa untuk menambahkan garam untuk penyedap rasa.

Kemudian, buat adonan dengan mencampurkan tepung terigu, bumbu yang sudah dihaluskan, tepung tapikoka, telur, dan santan. Aduk hingga seluruh bahan adonan tercampur dengan merata.

Setelah adonan kalis, giling adonan hingga menjadi lembaran dengan ketebalan sekitar 2 mm. Adonan bisa dibentuk sesuai dengan selera.

Adonan yang selesai dibentuk bisa langsung digoreng dengan minyak panas. Goreng hingga berwarna kecoklatan. Setelah ditiriskan, kue bawang bisa disajikan langsung ataupun menjadi bagian dari aneka snack box.

  1. Kue Garpu

Bahan yang perlu disiapkan:

  1. 250 gram tepung terigu protein rendah
  2. 50 gram tepung tapioka
  3. 50 ml santan kental
  4. 50 ml margarin cair
  5. 1 sendok teh gula pasir
  6. 1 butir telur yang sudah dikocok
  7. 1 sendok teh kaldu bubuk
  8. garam dan minyak goreng secukupnya

Campurkan tepung terigu, tepung tapioka, dan margarin cair ke dalam satu adonan. Aduk hingga merata dan tambahkan gula pasir serta telur yang sudah dikocok.

Aduk adonan hingga kalis. Tipsnya, semisal adunan masih lengket, tambahkan sedikit santan atau air sampai adonan kembali kalis.

Seperti namanya, untuk mencetak adonan ini bisa menggunakan garpu. Setelah adonan dipotong menjadi ukuran kecil, adonan bisa dicetak menggunakan punggung garpu. Gulung adonan secara perlahan dan lakukan hingga seluruh adonan habis.

Goreng adonan yang sudah dicetak dengan minyak yang sudah panas. Gunakan api kecil agar minyak tidak terlalu panas dan menghanguskan kue.

Setelah digoreng hingga berwarna kecoklatan, kue garpu dengan citarasa asin gurih ini siap untuk disajikan.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Dahak pada Bayi