Sejarah Nuzulul Qur’an dan Keistimewaannya dalam Agama Islam

Nuzulul Qur'an adalah peristiwa yang bersejarah bagi umat muslim dan agama Islam. Nuzulul Qur’an merupakan momen diturunkannya kitab suci Al-Qur’an di Dunia. Kitab suci agama islam ini diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril.

Berasal dari kata nuzul memiliki arti menurunkan sesuatu dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Kemudian Qur'an berarti kitab suci Alquran Nuzulul Qur'an memiliki arti yaitu proses turunnya al quran ke muka bumi. Nuzulul Qur'an juga sering diartikan sebagai turunnya wahyu dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad sebagai petunjuk bagi umat islam dalam menjalani hidup untuk mencapai kebenaran.

Allah SWT mengutus Malaikat Jibril untuk memberikan kitab suci Alquran kepada Nabi Muhammad di Gua Hira pada hari 17 ramadhan. Momen ini yang sering kita peringati sebagai malam nuzulul quran. Setelah menerima wahyu pertama badan Rasulullah sampai menggigil kedinginan, kemudian beliau pulang untuk menghangatkan badannya.

Artikel Lainnya: Kursus Baca Al-Quran Kini Hadir Untuk Seluruh Wilayah Indonesia

Surat AL-Alaq ayat 1-5 adalah ayat yang pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad saat Rasulullah sedang menenangkan hati di Gua Hira di tahun 610 M. Surat Al-Alaq ayat 1-5 ini sekaligus menjadi penanda diangkatnya Nabi Muhammad sebagai nabi dan rasul Allah.

Auto Draft

Setelah surat Al-Alaq ini Al Quran turun dengan bertahap selama kurang lebih 23 tahun. Ayat-ayat yang diturunkan menyesuaikan dengan masalh sosial, moral, agama, kisah nabi terdahulu hingga pelajaran-pelajaran yang berharga di masa nabi.

Al Quran diturunkan melalui 2 tahapan, yang pertama Allah menurunkan al quran ke Lauhul Mahfudz. Lauhul Mahfudz merupakan tempat yang didalamnya terdapat takdir Allah. Pada tahap kedua alquran diturunkan ke Baitullah Iza sesuai dengan apa yang dijelaskan pada Surat Al Qadr ayat 1.

Baca juga:  Wajib Diketahui, Ternyata 5 Masjid Megah Ini Ada di Sekitaran Ibukota Jakarta

Surat Al-Maidah Ayat 3 merupakan ayat terakhir yang diturunkan Allah melalui Malaikat Jibril dan diberikan pada Nabi Muhammad SAW. Ayat ini turun di Padang Arafah pada hari jumat saat musim haji akhir. Rasulullah kemudian pergi dari Makkah ke Madinah untuk menyampaikan kabar gembira ini kepada para sahabat. Hingga saat ini peristiwa turunnya Alquran kepada Nabi Muhammad diperingati sebagai malam Nuzulul quran.

Allah SWT akan melipat gandakan pahala bagi umat muslim yang beribadah di malam nuzulul quran. Untuk memperingati turunnya alquran kepada Rasulullah umat islam akan beribadah di masjid, tadarus, dzikir, witir dan tarawih. Amalan yang dianjurkan yaitu I'tikaf, mendekatkan diri kepada Tuhan dan juga sebagai perenungan diri. Pada saat inilah Allah SWT membuka pintu pengabulan bagi hambanya yang senantiasa memanjatkan Doa.

Baca Juga : Les Ngaji Terdekat Jadi Pilihan Utama Para Orangtua di Masa Kini

AnchorKeistimewaan Nuzulul Quran

Malam nuzulul quran memiliki keistimewaan antara lain:

  • Malam yang Diberkahi

Hal ini tercantum dalam QS Al-Dukhan ayat 3 yang menyebutkan bahwa Alquran diturunkan pada malam yang penuh berkah.

  • Malam Turunnya Para Malaikat

Pada malam ini banyak malaikat yang turun ke bumi untuk menurunkan banyak berkah sesuai dengan firman Allah pada surat Al-Qadr ayat 4.

  • Malam yang Lebih Baik dari Seribu Bulan

Malam seribu bulan atau malam lailatul qadar merupakan malam yang lebih baik daripada seribu bulan.

  • Malam Pengampunan

Pada malam nuzulul quran siapa saja yang beribadah pada malam ini maka Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya.

 

Keistimewaan malam nuzulul quran memang sangat bermanfaat bagi kita yang ingin memohon doa dan pengampunan dari Allah SWT. Semoga kita selalu bisa mengamalkan nilai yang terkandung dalam kitab suci Alquran.

Baca juga:  Wajib Diketahui, Ternyata 5 Masjid Megah Ini Ada di Sekitaran Ibukota Jakarta