Seluk Beluk KPR dan Jenis-jenis KPR

Anda ingin membeli perumahan di Depok namun belum memiliki uang tunai yang cukup? Tak perlu khawatir, kini KPR bisa menjadi salah satu pilihan yang bisa Anda gunakan. Bahkan ada berbagai jenis KPR dari bank-bank yang bisa dicoba.

Sebelum menentukan jenis KPR yang akan Anda coba, sebaiknya ketahui terlebih dahulu seluk beluknya secara singkat.

Seluk Beluk KPR dan Jenis-jenis KPR

Menggunakan KPR untuk membeli rumah berarti Anda siap dengan besaran bunga dari bank yang harus dibayar. Secara umum ada 3 metode perhitungan bunga yang harus Anda ketahui.

Ketiganya yaitu Flat, Floating secara Anuitas Tahunan dan Bulanan. Dalam praktek yang terjadi di Pihak Bank, metode suku bunga yang banyak digunakan justru suku bunga efektif atau anuitas.

Sedangkan ketika Anda memilih menggunakan pembayaran KPR, pihak Bank biasanya memberikan promo suku bunga tetap alias flat. Sayangnya promo ini hanya berlangsung untuk beberapa tahun pertama, dalam artian tidak selamanya.

Ketika masa promo habis, selanjutnya menggunakan metode bunga floating yang bisa naik dan turun tergantung suku bunga yang ditetapkan Bank Indonesia.

Jenis-jenis KPR

Setelah mengetahui secara singkat seluk beluk KPR untuk membeli properti perumahan di Depok, kini Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis KPR.

Skema yang dimiliki setiap jenis KPR tentunya berbeda-beda, pihak Bank sengaja menawarkan berbagai jenis KPR sebagai pilihan menarik. Berikut ini akan disampaikan jenis KPR berdasarkan persyaratan penerima pinjaman beserta tingkat suku bunganya.

  1. KPR Bersubsidi: disediakan oleh Bank sebagai bagian dari program Pemerintah atau Jamsostek. Tujuannya untuk memfasilitasi pembelian rumah sederhana sehat bagi masyarakat berpenghasilan rendah.
  2. KPR Konvensional: produk KPR ini disediakan oleh perbankan dengan persyaratan berdasarkan ketentuan umum perbankan dan tingkat suku bunganya reguler.
  3. KPR Syariah: Cara transaksinya menggunakan prinsip-prinsip syariah seperti akad murabahah atau musyarakah mutanaqishah (kerjasama sewa).
  4. Inhouse KPR: Penyedia layanan KPR bukan lagi pihak Bank, melainkan pengembang perumahan yang menyediakannya.
Baca juga:  3 Penginapan Murah di Puncak Bogor di Bawah 500 Ribu

Apapun jenis KPR yang Anda akan pilih untuk perumahan di Depok, sebaiknya tidak lupa untuk mempertimbangkan kondisi keuangan. Apalagi jika tenor yang dibebankan dalam waktu yang panjang, keuangan harus benar-benar stabil.