Wajib Diketahui, Ternyata 5 Masjid Megah Ini Ada di Sekitaran Ibukota Jakarta

Hai hai! Balik lagi di artikel website Balance Daviation ya! Kali ini, gue mau informasiin 5 Masjid megah yang memiliki gaya arsitektur menarik di Jakarta.

Dan Tentu saja, masjid-masjid ini tidak kalah bagusnya dengan masjid yang ada di kota lain yang ada di Indonesia. Penasaran bentuk bangunan dan kisahnya seperti apa? Langsung aja liat dibawah ini:

Masjid Istiqlal

Fakta menariknya, Masjid megah yang satu ini dibangun oleh seorang Kristen Protestan yakni Frederich Silaban. Dan lokasinya di Jl. Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Oh iya, Masjid Istiqlal sendiri, selain digunakan sebagai tempat sholat juga digunakan untuk berbagai kegiatan seperti pengajian, tabliq akbar, dan peringatan hari besar umat Islam. Bukan hanya itu, masjid ini akan menjadi lebih ramai ketika memasuki bulan Ramadhan.

Wajib Diketahui, Ternyata 5 Masjid Megah Ini Ada di Sekitaran Ibukota Jakarta

Masjid Ramlie Musofa

Nah, sekilas kalau dilihat, ini seperti bangunan Taj Mahal yang ada di India. Yupz, hampir sama! Kalian tentunya tidak akan mengira kalau bangunan Masjid ini ternyata dibangun oleh mualaf Tionghoa bernama H. Ramli.

Dan nama dari masjid ini terinspirasi dari ketiga anaknya yakni Muhammad, Sopian, dan Fabian (disingkat Musofa). Bukan hanya itu, di setiap sisi pelataran hingga tempat wudhu nya memiliki tulisan tiga bahasa yaitu Arab, Mandarin dan Indonesia.

Dimasjid ini anak-anak bisa belajar tentang agama islam. Salah satunya adalah mempelajari cara mandi wajib yang benar dan juga sah menurut agama islam sendiri.

Masjid Raya Jakarta Islamic Center

Terletak di Jl. Kramat Jaya, Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara, Masjid megah ini diresmikan tanggal 4 Maret 2003 dengan luas tanah 109,435 m2. Masjid ini mampu menampung kurang lebih 20.680 jemaah sekaligus. Waw amazing kan gaes!

Baca juga:  Sejarah Nuzulul Qur'an dan Keistimewaannya dalam Agama Islam

Masjid Agung Al Azhar

Masjid Agung Al-Azhar atau biasa disingkat menjadi MAA ini didirikan oleh Yayasan Pesantren Islam pada tanggal 19 November 1953. Bangunan di tidak kalah menarik dari yang lain karena konsep arsitekturnya memiliki perpaduan antara Saudi Arabia dan Mesir.

Waw keren banget! Buat yang penasaran bangunannya seperti apa, kalian bisa datengin langsung di Jl. Sisingamangaraja, Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sama halnya dengan masjid Ramlie Musofa, ternyata disini setiap sore para guru mengaji akan mengajarkan anak didiknya untuk mengaji. Selain belajar membaca alquran, anak-anak juga dibekali oleh ilmu agama.

Masjid Agung Sunda Kelapa

Masjid megah yang berada di Jl. Taman Sunda Kelapa No. 16, Menteng, Jakarta Pusat, dan sangat mudah buat dikunjungi. Intinya, Masjid Agung Sunda Kelapa gak seperti masjid lain pada umumnya, mengapa? Karena masjid ini memiliki gaya arsitektur yang mirip perahu, sebagai simbol pelabuhan Sunda Kelapa.

So gaes, buat kalian yang mengaku warga Jakarta, sangat disayangkan jika belum mampir ke 5 Masjid megah ini! Selain berkunjung, kalian juga gw saranin buat beribadah di sana ya. Ya kali aja kalian hanya memanfaatkan masjid-masjid ini hanya sebagai tempat wisata saja.

Alangkah baiknya berwisata iya, beribadah juga jalan. Jadi keinget kata bijak sekali dayung, 2 pulau terlampaui. Semoga bermanfaat ya gaes artikel kami kali ini.